Minggu, 03 November 2019

Tips Aman Membeli Mobil Secara Online

City Car

Tahun 2019 bisa dibilang tahunnya mobil berjenis City Car pasalnya banyak pabrikan terkenal yang mulai serius melirik pasar Indonesia yang sedang mengalami menyukai mobil kecil yang bisa dipakai untuk mengarungi kemacetan kota.

Pasalnya sekarang ini mobil termasuk hal yang bisa dibilang dibutuhkan banyak orang. Bisa dikatakan, hampir semua orang memiliki mobil. Harga mobil juga sudah lebih bervariatif, bahkan kurang dari Rp 100 juta. Harganya yang murah membuat siapa pun kini sanggup untuk membelinya.

Baik mobil bekas maupun mobil baru, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengantarkan ke tempat tujuan. Perbedaannya hanya terletak di harganya di mana mobil baru tentu lebih mahal dibandingkan mobil bekas.

Akan tetapi, ini bukanlah menjadi persoalan, terutama bagi Anda yang ingin punya mobil. Pada umumnya, orang-orang membeli mobil secara langsung, yaitu dengan mengunjungi dealer atau showroom mobil. Namun, sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil secara online karena dianggap lebih praktis.

Bagi Anda yang ingin beli mobil online, inilah tips yang perlu Anda ketahui.

1. Cari situs terpercaya
Situs jual beli mobil online tidak hanya satu, melainkan puluhan situs. Tapi, tidak semua situs ini bisa dipercaya begitu saja. Tampilan situs yang terlalu polos dan penyediaan informasi yang tidak lengkap patut diwaspadai. Besar kemungkinan kalau situs ini masih baru atau abal-abal. Alangkah baiknya jika Anda membeli mobil di situs yang muncul di halaman utama pencarian Google karena situs ini dipastikan memiliki reputasi yang baik dan tidak akan menipumu.

2. Kelengkapan identitas penjual
Saat mengunjungi salah satu situs terpercaya, ada banyak nama penjual yang tertera disana. Ketika Anda menemukan satu mobil yang paling pas, lihatlah apakah informasi mengenai penjual ditampilkan dengan lengkap atau tidak. Identitas yang lengkap akan memudahkan Anda untuk melanjutkan transaksi sebelum akhirnya mobil sampai di depan rumah.

3. Negosiasii
Salah satu keuntungan membeli mobil secara online adalah Anda dapat bernegosiasi via online. Tidak seluruh situs menampilkan harga net, ada beberapa yang memungkinkan Anda untuk bernegosiasi secara online dan Anda harus memanfaatkan hal tersebut. Proses negosiasi ini sangat fundamental untuk mendapatkan harga beli yang terbaik.

Tentunya negosiasi untuk harga mobil tidak sama dengan negosiasi yang biasa dilakukan di pasar tradisional. Anda mungkin hanya dapat menawar maksimal penurunan 10% dari harga awal. Walaupun bedanya tidak terlalu besar, tetapi selisih harga dapat digunakan untuk servis suku cadang mobil.

4. Cek mobil langsung
Gambar mobil yang dicantumkan di website terkadang suka tidak sesuai dengan kondisi aslinya karena beberapa gambar sudah melalui proses editan supaya terlihat bagus. Supaya tidak kecewa, lakukan kroscek langsung dengan mengunjungi dealer ke alamat yang tertera di website. Bawalah teman atau pihak ketiga yang tahu mengenai seluk beluk mobil untuk memastikan kondisi mobil yang sebenarnya.

Memang membeli mobil secara online sangat memudahkan, namun jangan sampai kamu tergiur dengan harga dan photo yang ditampilkan dalam website. Sebisa mungkin kamu harus memastikan langsung kondisi real dari mobil yang hendak kamu beli.
Load disqus comments

0 comments