Senin, 20 Mei 2019

Menimbang Keunggulan & Kekurangan Nvidia Geforce

Berkembangnya dunia teknologi juga berimbas dengan meningkatnya perusahaan yang bergerak dibidang yang sama, ditambah dengan berkembangnya dunia game akhir belakangan ini juga ikut menaikkan perusahaan teknologi yang mengkhususkan penyedia layanan kebutuhan para pengguna untuk kebutuhan Grafis maupun games seperti Nvidia dengan produk andalannya Nvidia Geforce.  

Nvidia Geforce

Didirikan oleh Jen-Hsun, Chris Malachowsky, dan Cirtis Pirem, Nvidia didirikan sejak tahun 1993 yang mengkhususkan diri untuk mengembangkan kartu grafis atau aplikasi dengan kebutuhan yang tinggi. Saat ini NVIDIA sudah memiliki kantor pusat di Santa Clara, California dan memiliki layanan di Seluruh Dunia.

Sejak tahun 1993, nVidia sudah banyak mengeluarkan produk dan layanan. Produk pertama nVidia yaitu NV1 berdasarakan permukaan Kuadratik. Lalu RIVA 128, RIVA 128ZX yang mendukung DirectX 5. Setelah itu, nVidia memproduksi RIVA TNT, RIVA TNT2 yang mendukung DirectX 6. Lalu munculah seri GeForce yang di awali dengan GeForce 256 yang mendukung DirectX 7.

Kemudian disusul GeForce 2 dan 3 yang masing masing mendukung di DirectX 7 dan 8. selanjutnya GeForce 4 sampai dengan generasi GeForce 9 pastinya dengan dukungan directX yang semakin tinggi. diseri terbaru GeForce muncul GeForce GTX 690 yang memiliki 2 buah chipset yang sangat mendukung kinerja komputer dalam hal 3D.

Perusahaan nVidia memang punya kelebihan dalam mengolah grafis tampilan yang baik. salah satu kelebihan yang dimiliki nVidia terletak pada kualitas gambar yang sangat kuat dan tahan dengan aplikasi dan console game berat, kemudian juga sangat irit listrik atau tidak begitu memekan daya listrik, serta memiliki aplikasi pengaturan tersendiri.

selain itu kartu grafis ini sudah mendukung VR dengan adanya dukungan teknologi NVIDIA Simultaneous Multi-Projection yang memungkinkan banyak instans dari gambar sama ditayangkan ke kedua mata pada headset VR. Teknologi ini telah disematkan pada Unreal Engine dan Unity jadi ke depan akan banyak game yang bisa dinikmati dengan teknologi VR. Kemudian GTX 1060 juga telah mendukung teknologi  Nvidia’s Ansel yang merupakan teknologi pengambilan gambar dalam game.

Jika ada kelebihan, pasti akan muncul kekurangan. Seperti yang diketahui khalayak umum, kelebihan nVidia memang tak perlu diragukan lagi, tapi disisi lain kelebihan yang ditawarkan oleh nVidia juga berdampak pada kekurangan yang signifikan yaitu dari sisi ekonomisnya. Nvidia menjadi salah satu produsan VGA card yang dikenal dengan harga yang yang tinggi di banding dengan pesaingnya.

Dari pertama kali mengeluarkan produknya, nVidia sudah banyak menelurkan berbagai jenis produk, dan berikut ini kami berikan 5 Produk dari iNvidia yang paling banyak disukai oleh para gamers.

1. NVIDIA GeForce GTX 1080 Ti
VGA Card yang khusus dirancang pada resolusi 1440p 144hz & 4k 60Hz atau bahkan 4k 120/144hz sedangkan untuk monitor belum ada yang bisa menyanggupi resolusi tersebut. Untuk dapur pacu VGA ini menggunakna arsitektur pascal, Frame Buffer 11 GB GDDR5X, kecepatan memori 11 Gbps, serta Boost Clock sebesar 1582 MHz. Untuk harganya VGA ini memiliki harga sekitar 12 juta rupiah.

2. NVIDIA GeForce GTX 1070
Dengan menggunakan GPU GP104 seperti 1080 VGA ini sangat direkomendasikan sekali jika digunakan untuk penggunaan gaming dan hardcore. Untuk dapur pacu VGA ini dibekali dengan arsitektur pascal, Frame Buffer 8 GB GDDR5, kecepatan memori  8 Gbps, serta Boost Clock 1683 MHz. Untuk harganya VGA ini memiliki harga sekitar 7,5 juta rupiah.

3. NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti
Salah satu jenis VGA yang terbilang cukup terjangkau dalam rekomendasi ini dimana VGA ini memiliki dapur pacu berupa GPU arsitektur pascal, Frame Buffer 4 GB GDDR5, kecepatan memori 7 Gbps, serta Boost Clock 1392 MHz. Untuk harganya VGA ini memiliki harga sekitar 2,5 juta rupiah.
Load disqus comments

0 comments