Jumat, 05 April 2019

Mau Print Kaos Dalam Jumlah Banyak? Pilih Dulu Tekniknya

Buat acara-acara tertentu, pakai seragam atau dresscode khusus pasti lebih keren. Misalnya pas reuni atau ada kegiatan di kantor. Tapi kalau hanya polosan atau menyamakan warna, kok rasanya kurang ya? Kayak gak ada istimewa dan kenangannya. Lebih bagus lagi, kalau dari bentuk, desain dan gambarnya disamakan, seperti kaos yang bertuliskan nama almamater atau nama kegiatan. Selain ada kenang-kenangan, kalau difoto kan jadinya bagus tuh. Biasanya ini jadi tugas panitia yang heboh menyiapkan kegiatan, yang jauh-jauh hari harus memesan dan mencari jasa print kaos yang berkualitas namun sesuai budget.

Eh tapi, sebelum kamu mutusin buat cetak kaos, ada baiknya simak informasi di bawah ini dulu ya. Biar gak salah dan justru bikin panitia jadi kalang kabut. 

Print Kaos

Dalam proses sablon atau cetak kaos, ada 3 metode yang sering digunakan. Yakni print kaos manual, Print Kaos DTG atau Direct to Garment dan cutting.

1. Print Kaos Manual, biasanya menerima print kaos dengan jumlah banyak atau ada minimun pemesanan. Jarang banget ditemukan print kaos manual dengan jumlah satuan. Kenapa? Hal itu untuk mengurangi biaya produksi yang cukup mahal karena harus menyiapkan cetakan khusus yang tidak dapat digunakan berulang kali. Makanya print kaos manual biasanya dilakukan lusinan, misalnya untuk kaos partai politik atau kegiatan tertentu. Bahan kaos yang dicetak pun biasanya kualitas rendah yang harganya lebih murah karena untuk dibagikan dan hanya dikenakan pada kegiatan tertentu saja.

2. Print Kaos DTG atau Direct to Garment, menggunakan mesin lebih canggih yang cara kerjanya seperti printer ink jet yang biasa kamu gunakan di kantor. Hanya saja cara pengoperasionalannya berbeda dan memerlukan ketelitian yang tinggi. Order kaos ini bisa dilakukan tanpa minimum pemesanan, loh. Satuan bisa, lusinan pun bisa. Tapi, biasanya untuk order yang lebih banyak misalnya 1 lusin, kita gak bisa menuntut penyedia jasa print kaos untuk lebih cepat selesai. Mengingat 1 pcs kaos saja perlu waktu sekitar 20-25 menit untuk mencetaknya, apalagi jika desainnya full satu lembar kaos dan penuh warna. 

3. Print Kaos Cutting, ini juga sama dengan print kaos DTG, yakni bisa dipesan tanpa batasan minimal. Untuk teknik ini jauh lebih cepat dibandingkan DTG, karena seperti memasang stiker, meskipun juga menggunakan mesin dalam proses cetaknya. Kalau kamu lebih suka dengan tulisan, bisa menggunakan teknik cutting untuk print kaos nya. 1 lusin baju kaos bisa selesai dalam waktu 1-3 hari, tergantung tingkat kerumitan tulisan yang ada. Itu juga tergantung dari ketersediaan mesin dan tenaga si penyedia jasa cetak, sih.

Jadi, sudah gak bingung lagi kan mau pilih teknik yang mana untuk cetak kaos buat acara? Kalau soal harga biasanya lebih mudah dinego jika kamu memesan dalam jumlah banyak. Termasuk soal bahan yang akan dipakai, bisa kamu bawa sendiri yang tentunya lebih murah, atau mau dicarikan langsung oleh si penyedia jasa sablon dan tinggal tahu beres meskipun jadi agak mahal sedikit.
Load disqus comments

0 comments