Rabu, 10 April 2019

5 Manfaat Sewa Kontrakan Rumah daripada Petakan

Kontrakan Murah


Apakah Anda sedang mencari kontrakan murah? Kontrakan adalah solusi tempat tinggal bagi Anda yang belum bisa memiliki rumah pribadi. Harga tanah dan rumah yang kian naik membuat banyak orang memutuskan untuk tinggal di kontrakan atau di apartemen. Dibandingkan dengan apartemen, kontrakan memiliki harga yang jauh lebih murah. Anda bisa memilih kontrakan rumah atau kontrakan petakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang masih single, memilih kontrakan petakan mungkin akan jauh lebih menyenangkan. Anda tidak akan memiliki waktu banyak untuk membersihkan kontrakan. Di samping biaya perawatan yang lebih mudah, harga sewa kontrakan pun akan menjadi jauh lebih murah. Namun untuk Anda yang sudah berkeluarga, kontrakan petakan rasanya tidak akan cukup. Maka, Anda bisa memilih sewa kontrakan rumah saja.

Manfaat Sewa Kontrakan Rumah
Rumah kontrakan memiliki permintaan yang cukup tinggi di jaman sekarang. Apalagi jika rumah kontrakan tersebut terletak di tempat yang strategis. Banyak rumah kontrakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan kota-kota besar lain yang selalu ramai dengan penyewa kontrakan.

Rata-rata orang yang menyewa kontrakan rumah adalah mahasiswa dan karyawan swasta yang merantau. Jumlah perantauan dari tahun ke tahun yang selalu  meningkat di suatu kota juga membuat rumah kontrakan tidak pernah sepi. Ada banyak keuntungan menyewa kontrakan rumah. Berikut diantaranya. 

1.      Bayar sewa menjadi lebih murah
Jika Anda memilih untuk menyewa kontrakan rumah, maka tentu saja biaya yang akan Anda keluarkan jauh lebih murah. Biasanya, pemilik rumah akan memberikan Anda harga rumah dalam setahun. Ini berbeda sekali jika Anda memilih mengontrak petakan. Anda diharuskan untuk membayar pada setiap bulannya.

Harga yang dipatok untuk sewa rumah kontrakan akan lebih murah karena sudah dirapel dalam satu tahun. Pemilik kontrakan pastinya akan memberikan harga yang jauh lebih murah bagi Anda yang bersedia membayar kontrakan di muka. Pada bulan-bulan berikutnya, Anda juga sudah tidak perlu memikirkan biaya tempat tinggal lagi. Praktis bukan?

2.      Lebih luas
Manfaat sewa kontrakan berikutnya adalah Anda akan memiliki tempat yang lebih luas. Jika Anda sudah berkeluarga, maka memilih kontrakan rumah akan jauh lebih tepat untuk Anda. Anda bisa membiarkan si kecil untuk bermain dengan lebih leluasa di dalam rumah.

Bayangkan jika Anda hanya memiliki satu petak kamar saja. Anak-anak tentu akan merasa bosan karena hanya disitu-situ saja. Akhirnya, Anda harus keluar rumah untuk jalan-jalan agar membuat si kecil tidak merasa bosan. Merepotkan bukan? Maka, cobalah untuk mencari rumah kontrakan untuk mendapatkan tempat yang lebih luas di dalam rumah.

Tempat yang lebih luas juga memungkinkan Anda untuk membawa banyak barang-barang. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, barang-barang yang Anda miliki tentu saja lebih banyak. Jika Anda hanya menyewa kontrakan petakan, maka sudah pasti semua barang tidak akan muat untuk dimasukkan ke dalam kamar.

Dengan tempat yang lebih luas, memungkinkan sekali bagi Anda untuk menaruh banyak barang di dalamnya. Bahkan, Anda yang berkeinginan untuk menabung furniture dan peralatan elektronik pun bisa dengan leluasa untuk menyimpan barang di dalam rumah. Jadi, jika kelak Anda telah memiliki rumah sendiri, Anda sudah memiliki tabungan furniture untuk diletakkan di dalam rumah.

3.      Bayar listrik dan air sesuai dengan kebutuhan Anda
Jika Anda tinggal di kontrakan rumah, biasanya pemilik kontrakan tersebut akan membebaskan Anda untuk membayar air dan listrik sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda bebas untuk membawa alat elektronik. Anda bisa membawa kulkas, mesin cuci, televisi, bahkan AC.

Biaya listrik nantinya akan Anda tanggung sendiri sesuai dengan penggunaan Anda. Jika Anda memilih kontrakan petakan, biasanya listrik dan air dibatasi. Jadi, Anda akan menjadi tidak bebas untuk membawa peralatan elektronik ke kontrakan. Padahal sebenarnya, Anda memang membutuhkan alat-alat elektronik tersebut.

4.      Suasana lebih nyaman dan tidak berisik
Manfaat sewa kontrakan rumah adalah suasana akan menjadi lebih nyaman dan tidak berisik. Anda akan tinggal senyaman di rumah sendiri. Anda bebas untuk melakukan aktifitas apapun di dalam rumah tanpa harus merasa rikuh kepada tetangga. Bayangkan jika Anda memilih kontrakan petakan, mau menyetel musik, anak menangis, dan semuanya akan berpengaruh pada tetangga kontrakan Anda

Jika Anda mendambakan kehidupan yang lebih nyaman, akan lebih baik bagi Anda untuk memilih tinggal di kontrakan rumah saja. Penggunaan dapur dan kamar mandi pun bebas sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menerima tamu keluarga dengan lebih leluasa.

5.      Tidak ada batasan waktu menerima tamu
Manfaat sewa kontrakan rumah daripada petakan yang terakhir adalah tidak akan dikenakan batasan waktu dalam menerima tamu. Misalnya saja Anda memiliki tamu keluarga yang jauh-jauh dari kampung, maka Anda bisa menerimanya kapanpun sesuai dengan jadwal kedatangannya.

Jika Anda tinggal di rumah petakan yang masih satu rumah dengan pemilik rumah, penerimaan tamu juga akan dibatasi. Hal ini dikarenakan akan menganggu tetangga kontrakan lain jika menerima tamu sewaktu-waktu.

Dengan melihat 5 kelebihan di atas, apakah Anda berkeinginan untuk menyewa rumah kontrakan? Terlepas dari semua itu, menyewa rumah kontrakan pun memiliki beberapa kelemahan. Berikut beberapa kelemahan yang perlu Anda perhitungkan. 

Kerugian Menyewa Kontrakan Rumah
Jika Anda sedang bingung ingin menyewa kontrakan rumah atau petakan, maka Anda perlu memperhatikan beberapa kerugian menyewa kontrakan rumah.

1.      Harus membayar biaya satu tahun di muka
Pemilik kontrakan rumah biasanya mengharuskan penyewanya untuk membayar biaya kontrakan dalam satu tahun di muka. Ini akan membuat Anda membutuhkan biaya yang cukup besar di awal mengontrak. Jadi, Anda harus mempersiapkan dana yang cukup besar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil rumah kontrakan.

2.      Tidak bisa pindah sewaktu-waktu
Mengapa dikatakan tidak bisa pindah sewaktu-waktu? Ketika Anda memilih untuk menyewa kontrakan rumah, maka biaya yang akan Anda keluarkan dalam membayar kontrakan adalah untuk 1 tahun penuh. Jika baru sebulan saja sudah tidak betah, apakah Anda tetap ingin pindah?

Pikirkan terlebih dahulu. Anda telah mengeluarkan biaya sewa untuk satu tahun. Biaya sewa satu tahun tersebut tidak mungkin bisa dikembalikan. Jadi, pastikan Anda memilih kontrakan yang benar-benar nyaman yang tidak akan membuat Anda ingin pindah sewaktu-waktu

3.      Biaya perawatan
Namanya juga mengontrak rumah, Anda harus mengeluarkan biaya perawatan untuk merawat rumah yang Anda tinggali. Kalau genteng bocor, maka Anda harus memperbaiki sendiri. Mencabut rumput, membersihkan selokan, membersihkan rumah juga merupakan tanggung jawab Anda

Belum lagi jika kran air rusak dan sebagainya. Biaya perawatan yang Anda keluarkan tentu akan lebih membengkak. Maka, Anda harus mencari kontrakan yang memiliki kondisi yang benar-benar bagus. Jadi, Anda akan terhindar dari semua biaya-biaya yang tidak terduga tersebut. 

Jadi, apakah Anda telah memutuskan untuk menyewa kontrakan rumah atau kontrakan petak? Masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum menyewa kontrakan rumah, Anda bisa mempelajari beberapa tips menarik berikut ini

Tips Menyewa Kontrakan Rumah
Mencari kontrakan rumah tidak boleh dilakukan secara terburu-buru. Berikut beberapa tips dan trik mencari kontrakan rumah.
1.      Cari harga yang terjangkau
Anda bisa melakukan survei ke beberapa rumah kontrakan yang disewakan dengan harga yang terjangkau. Pastikan Anda memilih rumah yang harganya sesuai dengan penghasilan yang Anda miliki. Jika ada rumah kontrakan yang memiliki harga yang sama, Anda bisa membandingkan fasilitas yang dimiliki.

2.      Dekat dengan tempat rutinitas
Pilihlah rumah kontrakan yang terletak dengan rutinitas Anda sehari-hari. Jika Anda bekerja, pilihlah rumah yang dekat dengan tempat kerja Anda. Begitu pula jika Anda adalah seorang mahasiswa, maka Anda harus memilih tempat kontrakan yang dekat dengan kampus.

3.      Lingkungan yang bersih
Sebisa mungkin, carilah rumah kontrakan yang memiliki lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih akan membuat Anda tinggal dengan lebih nyaman. Hal ini sangat penting karena kebersihan akan membuat kesehatan tubuh Anda terjaga. Lingkungan yang bersih contohnya adalah lingkungan yang jauh dari selokan, jauh dari tempat pembuangan sampah, dan jauh dari asap pabrik

4.      Dekat tempat ibadah
Usahakan untuk mencari kontrakan yang dekat dengan tempat ibadah. Bagi Anda yang beragama islam, carilah kontrakan yang dekat dengan masjid. Jadi, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjangkau tempat ibadah sewaktu-waktu. Anda pun akan menjadi lebih terpancing untuk beribadah di tempat ibadah karena adanya seruan di waktu-waktu ibadah. 

Yaps, sekiranya itulah manfaat menyewa kontrakan dan tips mencari kontrakan rumah yang baik untuk Anda pelajari. Semoga bermanfaat.


Load disqus comments

0 comments