Minggu, 17 Maret 2019

5 Barang Bekas yang Aman untuk Keperluan Bayi Baru Lahir

Setelah Anda menjadi orang tua, Anda pasti merasa bahwa banyak sekali keperluan bayi baru lahir yang harus dibeli untuk buah hati Anda. Beberapa orangtua bahkan bisa saja berakhir dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. 

Agar Anda dapat berhemat dalam memenuhi kebutuhan buah hati Anda, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli barang-barang tersebut dalam kondisi second hand atau bekas namun masih layak pakai. 

Keperluan Bayi Baru Lahir

1. Baby Crib
Oleh karena baby crib merupakan salah satu barang yang tergolong mahal, maka membeli baby crib bekas bisa membantu Parents menghemat uang. Akan tetapi, sebelum membelinya, pastikan produk yang dibeli statusnya bukan produk yang ditarik dari pasaran serta seluruh perkakas penyusunnya lengkap dan produk dilengkapi dengan buku panduan untuk merakit.

2. Pakaian
Bayi dapat tumbuh dengan sangat cepat sehingga membeli pakaian bayi bekas adalah salah satu cara terbaik Anda dalam berhemat. Tidak seperti barang lainnya, pakaian bekas dapat dengan mudah dibersihkan dengan cairan disinfektan atau dicuci dengan air panas. Jika terdapat noda atau ada cacat seperti sobek, lebih baik tidak Anda beli. 

Pakaian anak pertama biasanya akan disimpan oleh ibu hingga nanti lahir anak kedua. Dengan demikian, pakaian kakaknya masih bisa digunakan sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran orang tua untuk sang buah hati.

3. Baby Carrier
Untuk baby carrier, Anda dapat membelinya dalam kondisi bekas jika tidak terdapat cacat pada produk seperti retak di bagian pengancing. Pastikan juga bagian-bagian dari baby carrier masih bagus, lengkap, serta tidak rapuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kekokohan peralatan bayi baru lahir ini agar tidak berbahaya saat digunakan bayi.

4. Mainan
Sangat disarankan bagi Anda untuk membeli mainan berbahan plastik karena mudah dibersihkan dengan cairan disinfektan. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan mainan seperti boneka kain karena bisa dibersihkan dengan air panas. 

Anda perlu memperhatikan aksesoris mainan yang memiliki kemungkinan dapat terlepas sehingga dapat tertelan oleh buah hati Anda. Pastikan bahwa, mainan yang Anda berikan sesuai dengan usia anak sehingga perkembangan anak menjadi lebih optimal. 

5. Buku
Untuk buku berbahan kain dapat dibersihkan dengan cara dicuci, sedangkan buku berbahan plastik dapat dibersihkan dengan cairan pembersih. Semetara itu, untuk buku berbahan kertas tidak mungkin untuk dibersihkan namun bakteri yang terdapat pada buku berbahan bekas hanya bertahan satu minggu jadi Anda perlu mendiamkan setidaknya satu minggu.

Jika ada barang yang boleh digunakan bekas, maka ada pula barang yang tidak boleh karena alasan keamanan dan kesehatan. Beberapa peralatan bayi baru lahir yang tidak direkomendasikan untuk dibeli bekas adalah Breast Pump dan Baby Car Seat. Jika Anda lebih berminat perlengkapan yang baru Anda bisa coba untuk mengunjungi orami.com.
Load disqus comments

0 comments