Selasa, 16 April 2019

Sudah Tahu, Ini Top 8 Mie Instan Terenak Didunia

Mie instan sekarang ini sudah menjadi fenomena, banyak yang menyukai mie instan karena harganya yang murah namun punya citarsa tinggi dan aroma yang sedap sehingga membuat lidah siapapun akan ketagihan. 

MIE

Masyarakat di Indonesia merupakan salah satu pengonsumsi mie instan terbanyak, namun jangan salah mie instan asal Indonesia juga banyak disukai orang luar negeri.

Sebenarnya mie instan bukan hanya ada di Indonesia, ternyata mie instan tidak hanya ada di Indonesia, melainkan seluruh dunia dengan merek yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, banyak merek mie instan paling enak yang sangat mudah ditemui pada banyak mini/supermarket.

Nah bagi kalian yang penasaran dengan mie instan asal negara lain, mari kita simak merek mie instan paling enak pada tahun 2019.

1. Ramen Ichiban Sapporo
Seperti namanya mie instan ini berasal dari negeri sakura Jepang. Mie dari Jepang ini terdiri dari banyak varian, salah satunya adalah kaldu. Kalau kamu makan mie ini dengan tambahan ayam panggang, telur rebus, atau pun daun bawang, rasanya akan sangat sempurna menemani kala hujan. Dijamin mie instan ini bakal membuat lidah kamu ketgihan saat mencobanya.

2. Indomie Special Fried Curly Noodles
Nah kalo mie satu ini pasti sudah tak asing lagi. yaaa, mie instan ini  berasal dari Indonesia. Apa yang membuat mie instan ini enak? Kekayaan bumbu yang dimiliki oleh indomie special fried curly ini. Saat kamu memakannya, maka akan terasa bumbunya yang pedas serta manis. Sebuah perpaduan rasa yang jarang dimiliki oleh merek mie instan lainnya. Kita patut bangga nih...

3. Indomie Goreng Rasa Ayam Panggan
Lagi-lagi mie instan asal Indonesia masuk dalam jajaran mie instan terenak di Dunia. Rasanya tak perlu diragukan lagi Indomie Goreng Rasa Aya Panggan ini memang patut masuk dalam jajaran mie instan terenak karena memiliki 5 jenis bumbu, seperti kecap manis hingga saus pedas. Maka dari itu tidak heran jika banyak mini/supermarket yang menjual indomie jenis yang satu ini. Ada juga varian lainnya, yakni indomie goreng spesial 85 gram yang juga tidak kalah laku dengan jenis ini.

4. Koka Instan Non-Fried Noodles Spicy Black Pepper
Mie instan asal singapura ini memang punya nama yang panjang. Dibalik nanya yang panjang itu tersimpan khasiat yang luar biasa. Mie ini ternyata memiliki khasiat rendah lemak namun masih memiliki rasa yang lezat. Tentu bagi kamu yang sedang menjaga badan, jenis mie ini bisa menjadi andalan.

5. Paldo Budae Jigae Ramyun
Namanya terkesan susah untuk diucapkan, mie instan asal negeri ginseng, Kore Selatan ini mengandung campuran hotdog, luncheon loaf, pork, hingga kacang polong. Sangat lezat kalau dimakan dalam suasana dingin.

6. Nisin Demae Ramen Straigh Noodle Black Garlic Instan Noodle
Ternyata ada nama mie instan yang lebih panjang lagi. Mie instan asal hongkong ini juga termasuk dalam daftar mie instan terenak di dunia pada tahun 2019. Yang membuat mie instan ini istimewa adalah kuah kaldunya. Mie ini memiliki kuah kaldu yang tidak biasa, melainkan sangat lezat sekali, cocok dikonsumsi bagi kamu yang suka kuah kaldu.

7. Myojo Hyoubanya No Chukasoba Noodles
Ternyata mie intsan asal luar negeri namanya banyak yang panjang, seperti mie instan asal Jepang ini. Mie instan ini sangat unik karena terdiri dari kemasan yang tradisional sehingga saat pertama kali melihat, kamu sudah tahu bahwa merk mie instan tersebut merupakan dari Jepang. Mie ini punya ciri khas Jepang yang sangat kental sekali, terlihat dari tekstur mie yang kenyal. Apalagi kalau kamu menambahkannya dengan garam atau ayam panggang. Rasanya tidak ada yang bisa mengalahkan.

8. Mie Sedap Kari Instan
Siapa yang tidak suka dengan merek mie instan paling enak asal Indonesia ini? Inilah dia mie sedaap kari instan yang rasanya kita semua setuju bahwa mie ini punya rasa yang sangat lezat. Kalau kamu suka perpaduan antara kari dan rasa pedas, maka mie sedaap kari instan merupakan merk mie instan yang cocok untuk menggugah selera kamu.

Nah itulah Top 8 mie instan terenak di dunia tahun 2019, selain itu kalian juga bisa mencoba mie sehat dari LENOMILO. Kita patut berbangga karena ternyata mie instan buatan anak negeri mendominasi daftar mie instan terenak di Dunia tahun ini.
Read more

Rabu, 10 April 2019

5 Manfaat Sewa Kontrakan Rumah daripada Petakan

Kontrakan Murah


Apakah Anda sedang mencari kontrakan murah? Kontrakan adalah solusi tempat tinggal bagi Anda yang belum bisa memiliki rumah pribadi. Harga tanah dan rumah yang kian naik membuat banyak orang memutuskan untuk tinggal di kontrakan atau di apartemen. Dibandingkan dengan apartemen, kontrakan memiliki harga yang jauh lebih murah. Anda bisa memilih kontrakan rumah atau kontrakan petakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang masih single, memilih kontrakan petakan mungkin akan jauh lebih menyenangkan. Anda tidak akan memiliki waktu banyak untuk membersihkan kontrakan. Di samping biaya perawatan yang lebih mudah, harga sewa kontrakan pun akan menjadi jauh lebih murah. Namun untuk Anda yang sudah berkeluarga, kontrakan petakan rasanya tidak akan cukup. Maka, Anda bisa memilih sewa kontrakan rumah saja.

Manfaat Sewa Kontrakan Rumah
Rumah kontrakan memiliki permintaan yang cukup tinggi di jaman sekarang. Apalagi jika rumah kontrakan tersebut terletak di tempat yang strategis. Banyak rumah kontrakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan kota-kota besar lain yang selalu ramai dengan penyewa kontrakan.

Rata-rata orang yang menyewa kontrakan rumah adalah mahasiswa dan karyawan swasta yang merantau. Jumlah perantauan dari tahun ke tahun yang selalu  meningkat di suatu kota juga membuat rumah kontrakan tidak pernah sepi. Ada banyak keuntungan menyewa kontrakan rumah. Berikut diantaranya. 

1.      Bayar sewa menjadi lebih murah
Jika Anda memilih untuk menyewa kontrakan rumah, maka tentu saja biaya yang akan Anda keluarkan jauh lebih murah. Biasanya, pemilik rumah akan memberikan Anda harga rumah dalam setahun. Ini berbeda sekali jika Anda memilih mengontrak petakan. Anda diharuskan untuk membayar pada setiap bulannya.

Harga yang dipatok untuk sewa rumah kontrakan akan lebih murah karena sudah dirapel dalam satu tahun. Pemilik kontrakan pastinya akan memberikan harga yang jauh lebih murah bagi Anda yang bersedia membayar kontrakan di muka. Pada bulan-bulan berikutnya, Anda juga sudah tidak perlu memikirkan biaya tempat tinggal lagi. Praktis bukan?

2.      Lebih luas
Manfaat sewa kontrakan berikutnya adalah Anda akan memiliki tempat yang lebih luas. Jika Anda sudah berkeluarga, maka memilih kontrakan rumah akan jauh lebih tepat untuk Anda. Anda bisa membiarkan si kecil untuk bermain dengan lebih leluasa di dalam rumah.

Bayangkan jika Anda hanya memiliki satu petak kamar saja. Anak-anak tentu akan merasa bosan karena hanya disitu-situ saja. Akhirnya, Anda harus keluar rumah untuk jalan-jalan agar membuat si kecil tidak merasa bosan. Merepotkan bukan? Maka, cobalah untuk mencari rumah kontrakan untuk mendapatkan tempat yang lebih luas di dalam rumah.

Tempat yang lebih luas juga memungkinkan Anda untuk membawa banyak barang-barang. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, barang-barang yang Anda miliki tentu saja lebih banyak. Jika Anda hanya menyewa kontrakan petakan, maka sudah pasti semua barang tidak akan muat untuk dimasukkan ke dalam kamar.

Dengan tempat yang lebih luas, memungkinkan sekali bagi Anda untuk menaruh banyak barang di dalamnya. Bahkan, Anda yang berkeinginan untuk menabung furniture dan peralatan elektronik pun bisa dengan leluasa untuk menyimpan barang di dalam rumah. Jadi, jika kelak Anda telah memiliki rumah sendiri, Anda sudah memiliki tabungan furniture untuk diletakkan di dalam rumah.

3.      Bayar listrik dan air sesuai dengan kebutuhan Anda
Jika Anda tinggal di kontrakan rumah, biasanya pemilik kontrakan tersebut akan membebaskan Anda untuk membayar air dan listrik sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda bebas untuk membawa alat elektronik. Anda bisa membawa kulkas, mesin cuci, televisi, bahkan AC.

Biaya listrik nantinya akan Anda tanggung sendiri sesuai dengan penggunaan Anda. Jika Anda memilih kontrakan petakan, biasanya listrik dan air dibatasi. Jadi, Anda akan menjadi tidak bebas untuk membawa peralatan elektronik ke kontrakan. Padahal sebenarnya, Anda memang membutuhkan alat-alat elektronik tersebut.

4.      Suasana lebih nyaman dan tidak berisik
Manfaat sewa kontrakan rumah adalah suasana akan menjadi lebih nyaman dan tidak berisik. Anda akan tinggal senyaman di rumah sendiri. Anda bebas untuk melakukan aktifitas apapun di dalam rumah tanpa harus merasa rikuh kepada tetangga. Bayangkan jika Anda memilih kontrakan petakan, mau menyetel musik, anak menangis, dan semuanya akan berpengaruh pada tetangga kontrakan Anda

Jika Anda mendambakan kehidupan yang lebih nyaman, akan lebih baik bagi Anda untuk memilih tinggal di kontrakan rumah saja. Penggunaan dapur dan kamar mandi pun bebas sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menerima tamu keluarga dengan lebih leluasa.

5.      Tidak ada batasan waktu menerima tamu
Manfaat sewa kontrakan rumah daripada petakan yang terakhir adalah tidak akan dikenakan batasan waktu dalam menerima tamu. Misalnya saja Anda memiliki tamu keluarga yang jauh-jauh dari kampung, maka Anda bisa menerimanya kapanpun sesuai dengan jadwal kedatangannya.

Jika Anda tinggal di rumah petakan yang masih satu rumah dengan pemilik rumah, penerimaan tamu juga akan dibatasi. Hal ini dikarenakan akan menganggu tetangga kontrakan lain jika menerima tamu sewaktu-waktu.

Dengan melihat 5 kelebihan di atas, apakah Anda berkeinginan untuk menyewa rumah kontrakan? Terlepas dari semua itu, menyewa rumah kontrakan pun memiliki beberapa kelemahan. Berikut beberapa kelemahan yang perlu Anda perhitungkan. 

Kerugian Menyewa Kontrakan Rumah
Jika Anda sedang bingung ingin menyewa kontrakan rumah atau petakan, maka Anda perlu memperhatikan beberapa kerugian menyewa kontrakan rumah.

1.      Harus membayar biaya satu tahun di muka
Pemilik kontrakan rumah biasanya mengharuskan penyewanya untuk membayar biaya kontrakan dalam satu tahun di muka. Ini akan membuat Anda membutuhkan biaya yang cukup besar di awal mengontrak. Jadi, Anda harus mempersiapkan dana yang cukup besar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil rumah kontrakan.

2.      Tidak bisa pindah sewaktu-waktu
Mengapa dikatakan tidak bisa pindah sewaktu-waktu? Ketika Anda memilih untuk menyewa kontrakan rumah, maka biaya yang akan Anda keluarkan dalam membayar kontrakan adalah untuk 1 tahun penuh. Jika baru sebulan saja sudah tidak betah, apakah Anda tetap ingin pindah?

Pikirkan terlebih dahulu. Anda telah mengeluarkan biaya sewa untuk satu tahun. Biaya sewa satu tahun tersebut tidak mungkin bisa dikembalikan. Jadi, pastikan Anda memilih kontrakan yang benar-benar nyaman yang tidak akan membuat Anda ingin pindah sewaktu-waktu

3.      Biaya perawatan
Namanya juga mengontrak rumah, Anda harus mengeluarkan biaya perawatan untuk merawat rumah yang Anda tinggali. Kalau genteng bocor, maka Anda harus memperbaiki sendiri. Mencabut rumput, membersihkan selokan, membersihkan rumah juga merupakan tanggung jawab Anda

Belum lagi jika kran air rusak dan sebagainya. Biaya perawatan yang Anda keluarkan tentu akan lebih membengkak. Maka, Anda harus mencari kontrakan yang memiliki kondisi yang benar-benar bagus. Jadi, Anda akan terhindar dari semua biaya-biaya yang tidak terduga tersebut. 

Jadi, apakah Anda telah memutuskan untuk menyewa kontrakan rumah atau kontrakan petak? Masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum menyewa kontrakan rumah, Anda bisa mempelajari beberapa tips menarik berikut ini

Tips Menyewa Kontrakan Rumah
Mencari kontrakan rumah tidak boleh dilakukan secara terburu-buru. Berikut beberapa tips dan trik mencari kontrakan rumah.
1.      Cari harga yang terjangkau
Anda bisa melakukan survei ke beberapa rumah kontrakan yang disewakan dengan harga yang terjangkau. Pastikan Anda memilih rumah yang harganya sesuai dengan penghasilan yang Anda miliki. Jika ada rumah kontrakan yang memiliki harga yang sama, Anda bisa membandingkan fasilitas yang dimiliki.

2.      Dekat dengan tempat rutinitas
Pilihlah rumah kontrakan yang terletak dengan rutinitas Anda sehari-hari. Jika Anda bekerja, pilihlah rumah yang dekat dengan tempat kerja Anda. Begitu pula jika Anda adalah seorang mahasiswa, maka Anda harus memilih tempat kontrakan yang dekat dengan kampus.

3.      Lingkungan yang bersih
Sebisa mungkin, carilah rumah kontrakan yang memiliki lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih akan membuat Anda tinggal dengan lebih nyaman. Hal ini sangat penting karena kebersihan akan membuat kesehatan tubuh Anda terjaga. Lingkungan yang bersih contohnya adalah lingkungan yang jauh dari selokan, jauh dari tempat pembuangan sampah, dan jauh dari asap pabrik

4.      Dekat tempat ibadah
Usahakan untuk mencari kontrakan yang dekat dengan tempat ibadah. Bagi Anda yang beragama islam, carilah kontrakan yang dekat dengan masjid. Jadi, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjangkau tempat ibadah sewaktu-waktu. Anda pun akan menjadi lebih terpancing untuk beribadah di tempat ibadah karena adanya seruan di waktu-waktu ibadah. 

Yaps, sekiranya itulah manfaat menyewa kontrakan dan tips mencari kontrakan rumah yang baik untuk Anda pelajari. Semoga bermanfaat.


Read more

Jumat, 05 April 2019

Mau Print Kaos Dalam Jumlah Banyak? Pilih Dulu Tekniknya

Buat acara-acara tertentu, pakai seragam atau dresscode khusus pasti lebih keren. Misalnya pas reuni atau ada kegiatan di kantor. Tapi kalau hanya polosan atau menyamakan warna, kok rasanya kurang ya? Kayak gak ada istimewa dan kenangannya. Lebih bagus lagi, kalau dari bentuk, desain dan gambarnya disamakan, seperti kaos yang bertuliskan nama almamater atau nama kegiatan. Selain ada kenang-kenangan, kalau difoto kan jadinya bagus tuh. Biasanya ini jadi tugas panitia yang heboh menyiapkan kegiatan, yang jauh-jauh hari harus memesan dan mencari jasa print kaos yang berkualitas namun sesuai budget.

Eh tapi, sebelum kamu mutusin buat cetak kaos, ada baiknya simak informasi di bawah ini dulu ya. Biar gak salah dan justru bikin panitia jadi kalang kabut. 

Print Kaos

Dalam proses sablon atau cetak kaos, ada 3 metode yang sering digunakan. Yakni print kaos manual, Print Kaos DTG atau Direct to Garment dan cutting.

1. Print Kaos Manual, biasanya menerima print kaos dengan jumlah banyak atau ada minimun pemesanan. Jarang banget ditemukan print kaos manual dengan jumlah satuan. Kenapa? Hal itu untuk mengurangi biaya produksi yang cukup mahal karena harus menyiapkan cetakan khusus yang tidak dapat digunakan berulang kali. Makanya print kaos manual biasanya dilakukan lusinan, misalnya untuk kaos partai politik atau kegiatan tertentu. Bahan kaos yang dicetak pun biasanya kualitas rendah yang harganya lebih murah karena untuk dibagikan dan hanya dikenakan pada kegiatan tertentu saja.

2. Print Kaos DTG atau Direct to Garment, menggunakan mesin lebih canggih yang cara kerjanya seperti printer ink jet yang biasa kamu gunakan di kantor. Hanya saja cara pengoperasionalannya berbeda dan memerlukan ketelitian yang tinggi. Order kaos ini bisa dilakukan tanpa minimum pemesanan, loh. Satuan bisa, lusinan pun bisa. Tapi, biasanya untuk order yang lebih banyak misalnya 1 lusin, kita gak bisa menuntut penyedia jasa print kaos untuk lebih cepat selesai. Mengingat 1 pcs kaos saja perlu waktu sekitar 20-25 menit untuk mencetaknya, apalagi jika desainnya full satu lembar kaos dan penuh warna. 

3. Print Kaos Cutting, ini juga sama dengan print kaos DTG, yakni bisa dipesan tanpa batasan minimal. Untuk teknik ini jauh lebih cepat dibandingkan DTG, karena seperti memasang stiker, meskipun juga menggunakan mesin dalam proses cetaknya. Kalau kamu lebih suka dengan tulisan, bisa menggunakan teknik cutting untuk print kaos nya. 1 lusin baju kaos bisa selesai dalam waktu 1-3 hari, tergantung tingkat kerumitan tulisan yang ada. Itu juga tergantung dari ketersediaan mesin dan tenaga si penyedia jasa cetak, sih.

Jadi, sudah gak bingung lagi kan mau pilih teknik yang mana untuk cetak kaos buat acara? Kalau soal harga biasanya lebih mudah dinego jika kamu memesan dalam jumlah banyak. Termasuk soal bahan yang akan dipakai, bisa kamu bawa sendiri yang tentunya lebih murah, atau mau dicarikan langsung oleh si penyedia jasa sablon dan tinggal tahu beres meskipun jadi agak mahal sedikit.
Read more

Minggu, 17 Maret 2019

5 Barang Bekas yang Aman untuk Keperluan Bayi Baru Lahir

Setelah Anda menjadi orang tua, Anda pasti merasa bahwa banyak sekali keperluan bayi baru lahir yang harus dibeli untuk buah hati Anda. Beberapa orangtua bahkan bisa saja berakhir dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. 

Agar Anda dapat berhemat dalam memenuhi kebutuhan buah hati Anda, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli barang-barang tersebut dalam kondisi second hand atau bekas namun masih layak pakai. 

Keperluan Bayi Baru Lahir

1. Baby Crib
Oleh karena baby crib merupakan salah satu barang yang tergolong mahal, maka membeli baby crib bekas bisa membantu Parents menghemat uang. Akan tetapi, sebelum membelinya, pastikan produk yang dibeli statusnya bukan produk yang ditarik dari pasaran serta seluruh perkakas penyusunnya lengkap dan produk dilengkapi dengan buku panduan untuk merakit.

2. Pakaian
Bayi dapat tumbuh dengan sangat cepat sehingga membeli pakaian bayi bekas adalah salah satu cara terbaik Anda dalam berhemat. Tidak seperti barang lainnya, pakaian bekas dapat dengan mudah dibersihkan dengan cairan disinfektan atau dicuci dengan air panas. Jika terdapat noda atau ada cacat seperti sobek, lebih baik tidak Anda beli. 

Pakaian anak pertama biasanya akan disimpan oleh ibu hingga nanti lahir anak kedua. Dengan demikian, pakaian kakaknya masih bisa digunakan sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran orang tua untuk sang buah hati.

3. Baby Carrier
Untuk baby carrier, Anda dapat membelinya dalam kondisi bekas jika tidak terdapat cacat pada produk seperti retak di bagian pengancing. Pastikan juga bagian-bagian dari baby carrier masih bagus, lengkap, serta tidak rapuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kekokohan peralatan bayi baru lahir ini agar tidak berbahaya saat digunakan bayi.

4. Mainan
Sangat disarankan bagi Anda untuk membeli mainan berbahan plastik karena mudah dibersihkan dengan cairan disinfektan. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan mainan seperti boneka kain karena bisa dibersihkan dengan air panas. 

Anda perlu memperhatikan aksesoris mainan yang memiliki kemungkinan dapat terlepas sehingga dapat tertelan oleh buah hati Anda. Pastikan bahwa, mainan yang Anda berikan sesuai dengan usia anak sehingga perkembangan anak menjadi lebih optimal. 

5. Buku
Untuk buku berbahan kain dapat dibersihkan dengan cara dicuci, sedangkan buku berbahan plastik dapat dibersihkan dengan cairan pembersih. Semetara itu, untuk buku berbahan kertas tidak mungkin untuk dibersihkan namun bakteri yang terdapat pada buku berbahan bekas hanya bertahan satu minggu jadi Anda perlu mendiamkan setidaknya satu minggu.

Jika ada barang yang boleh digunakan bekas, maka ada pula barang yang tidak boleh karena alasan keamanan dan kesehatan. Beberapa peralatan bayi baru lahir yang tidak direkomendasikan untuk dibeli bekas adalah Breast Pump dan Baby Car Seat. Jika Anda lebih berminat perlengkapan yang baru Anda bisa coba untuk mengunjungi orami.com.
Read more

Sabtu, 02 Maret 2019

5 Cara Tepat Merawat Jam Tangan Pria Anti Air


Jam Tangan Pria Anti Air

Dulu pria dikenal sebagai pribadi yang kurang peduli terhadap penampilan. Namun kini para pria mulai menyadari akan pentingnya penampilan dalam setiap kesempatan. Penggunaan outfit untuk bekerja, hang out maupun acara lainnya juga penting untuk diperhatikan. Tidak ketinggalan, aksesoris tambahan seperti ikat pinggang, dasi, hingga jam tangan pria anti air juga akan menyempurnakan penampilan.

Pemilihan aksesoris yang digunakan sebaiknya menyesuaikan jenis kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya saja ketika Anda ingin menyelam atau berpetualang, maka aksesoris yang bisa digunakan ialah jam tangan. Jam tangan ini nantinya akan memudahkan Anda untuk mengetahui waktu. Hanya saja, pastikan jam tangan yang dikenakan adalah jam tangan yang anti air.

Merawat Jam Tangan Anti Air
Kendati jam tangan milik Anda anti air, bukan berarti Anda tidak diharuskan merawatnya dengan baik. Jam tangan sama saja dengan peralatan elektronik lainnya yang bisa saja rusak seiring umur pemakaian maupun perawatannya. Dengan perawatan yang tepat, diharapkan jam tangan tersebut bisa lebih awet.

Berikut adalah cara merawat jam tangan pria anti air yang dapat Anda terapkan.

1.      Rutin membersihkan jam tangan
Jam tangan juga harus dibersihkan secara rutin. Apa lagi jika Anda termasuk orang yang harus selalu memakai jam tangan dalam beraktivitas. Itu artinya jam tangan Anda memiliki frekuensi pemakaian yang cukup tinggi. Semakin sering dan semakin lama dipakai, memungkinkan jam lebih mudah kotor.

Membersihkan jam ini bisa dengan memanfaatkan tissue basah. Tissue basah ini bisa di-lap-kan pada bagian-bagian jam tangan untuk menghilangkan keringat yang menempel pada jam tangan. Setelah itu angin-anginkan atau keringkan menggunakan hair dryer.

2.      Jangan menaruh jam tangan dekat dengan area yang ber-magnet
Mulai hari ini hindari meletakkan jam tangan di dekat peralatan elektronik, seperti lemari es, televisi, radio, microwave, kipas angin dan lainnya. Peralatan-peralatan tersebut mengandung magnet sehingga nantinya akan berpengaruh pada perputaran jam tangan. Jam tangan yang berdekatan dengan area magnet memungkinkan menunjukkan waktu yang kurang pas.

3.      Membilas jam dengan air tawar
Apabila sebelum ini Anda memakai jam tangan anti air untuk menyelam, maka setelah selesai menyelam usahakan untuk segera membilas jam dengan air tawar. Memang jam tangan yang dipakai sifatnya adalah anti air, namun jika terlalu lama atau terlalu sering terkena air laut, maka fungsi jam bisa menurun akibat adanya kandungan garam. Inilah mengapa Anda disarankan untuk membilas jam dengan air tawar.

4.      Bersihkan celah-celah jam
Untuk jam tangan biasa, bagian celah-celah jam bisa dibersihkan dengan tusuk gigi dan kain bebas serat. Namun untuk jam tangan pria anti air ini Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat maupun sabun. Setelah itu jam bisa dikeringkan menggunakan lap lembut.

5.      Jangan direndam air panas
Sekalipun bersifat anti air, jam tangan sebaiknya tidak dipakai ketika berendam maupun sauna. Panas berlebih dari air bisa membuat logam jam berkembang pada tingkat yang berbeda. Akibatnya, akan muncul lubang kecil yang bisa membuat tetesan air masuk ke dalamnya.

Demikianlah 5 cara merawat jam tangan pria anti air yang dapat Anda terapkan. Apabila Anda memiliki banyak koleksi jam tangan, usahakan untuk merawatnya dengan benar. Meski akan dipakai sesekali saja, merawat jam tangan ini akan membantu memperpanjang umur jam tangan Anda. Jangan sampai jam tangan menjadi rusak akibat tidak dirawat dengan baik. Sebab ketika jam tangan didiamkan saja dan tidak dipakai, lambat laun jam tersebut juga akan mengalami penurunan fungsi.

Read more